Cara kerja solar water heater

1 min read

Gaya hidup modern gaya perkotaan sekarang tampaknya mengubah kebiasaan banyak orang.

Di masa lalu, konsumsi energi dalam jumlah besar bukanlah masalah, sekarang orang berpikir dua kali demi pemborosan energi.

Oleh karena itu, produk ramah lingkungan sekarang menjadi tren, sebagai sarana penghematan energi yang ramah lingkungan.

Mandi hangat dengan produk ramah lingkungan
Satu aktivitas ramah lingkungan, adalah menggunakan pemanas air tenaga surya sebagai sarana untuk mendapatkan air hangat untuk mandi.

Mandi hangat memang sangat nyaman dan memiliki kelebihan sendiri, salah satunya adalah relaksasi

Di sisi lain, air hangat juga bermanfaat bagi anggota keluarga yang lansia atau yang memiliki alergi dingin. Ini sangat membantu untuk mengurangi alergi ini.

Zaman kuno, jika Anda ingin mandi hangat, kita bisa mendapatkannya dengan cara tradisional, yaitu dengan memasak air menggunakan kompor.

Ini juga menghasilkan beberapa masalah, yaitu jika Anda membutuhkan banyak air, lalu memanaskan air dengan cara ini membutuhkan waktu lama. Dan tentu saja mengkonsumsi banyak bahan bakar.

Tentunya itu bertentangan dengan gaya hidup penghematan energi dan ramah lingkungan.

Dari sini, teknologi hadir untuk memberikan solusi untuk kebutuhan air hangat bagi kita semua. Dan teknologi pemanas air ini adalah pilihan yang tepat.

Kebutuhan akan air hangat untuk mandi berasal dari sektor rumah tangga dan komersial. Misalnya hotel, spa, vila dan rumah sakit.

Cukup banyak merek pemanas air yang bersirkulasi hari ini dengan berbagai keunggulan masing-masing.

Solahart / Pemanas air dari berbagai merek juga membawa pemanfaatan energi matahari, sebagai salah satu kekuatan untuk memanaskan air baku yang ada.

Sebagai garis besar, ada dua komponen utama yang mendukung untuk menghasilkan air hangat ini, yaitu panel tangki dan kolektor.

Pemanas air ini akan berfungsi dengan sempurna jika tangki dan panel kolektor terisi penuh oleh air baku.

Cara Kerja Solar Water Heater

Berdasarkan cara kerja solar water heater, alat pemanas air terbagi menjadi dua bagian, yaitu dengan pemanasan pasif dan pemanasan aktif. Berikut penjelasannya!

1. Sistem Pasif Solar Water Heater

sistem pasif solar water heater

Sistem pasif solar water heater adalah metode pemanasan air yang menggunakan hampir 80% tenaga matahari sebagai energi untuk memanaskan air baku.

Cara kerja solar water heater jenis ini akan lebih baik lagi jika tangki dan panel kolektor telah terisi sempurna oleh air baku.

Nantinya, air pada panel kolektor akan menyerap panas dari matahari, karena dalam panel kolektor terdapat alur tembaga yang berfungsi sebagai penghantar panas.

Jika air dalam panel kolektor sudah panas, maka akan naik ke dalam tangki yang masih berisi air baku.

Kemudian air baku yang ada dalam tangki akan turun ke panel kolektor untuk proses pemanasan kembali.

Hal ini disebut dengan Thermosyphon, dimana berat massa jenis air panas lebih ringan dari pada massa jenis air baku

inilah sebabnya air panas bisa bergerak ke atas tangki dan air baku akan turun ke panel kolektor.

2. Sistem Aktif Solar Water Heater

Sistem Aktif Solar Water Heater
Image source: Sinargadinglks

Sistem pemanasan aktif ini tetap sama pada sistem pemanasan pasif. Hanya berbeda pada aktivasi pendistribusian air panas dan air baku.

Untuk pendistribusiannya memerlukan tenaga listrik, yaitu pompa dan panel control sebagai sistem otomatisnya.

Cara kerja solar water heater ini berguna untuk kebutuhan air panas dengan literasi besar, seperti hotel, spa, villa dan rumah sakit.

Sistem ini memerlukan komponen pendukung yang memadai, mengingat jumlah literasi yang besar. Oleh karena itu, jenis tangki yang digunakan pun juga dalam skala besar.