Cara Membuat VCO dengan Fermentasi Praktis Dilakukan Saat Senggang

2 min read

Cara Membuat VCO dengan Fermentasi-Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni adalah modifikasi metode pembuatan minyak kelapa sehingga dapat menghasilkan produk yg mengandung kadar air dan kadar asam lemak bebasnya rendah, bening warnanya, harum baunya, dan juga memilikii daya simpan yg memang lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Untuk membuat minyak VCO bisa kita lakukan menggunakan cara diantaranya adalah metode tradisional, fermentasi, dan metode enzimatis. Kalau disini kita akan membahas membuat VCO (Virgin Coconut Oil) dengan fermentasi yg berbahan ragi tape, agar kita juga dapat mengetahui Apakah tujuan penambahan ragi tempe tersebut terhadap proses pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil)…. 🙂

Pendahuluan

JIka kita lihat prestasi minyak yg kelapa biasa dan juga sering disebut juga minyak goreng (minyak kelapa kopra) dengan minyak kelapa yg murni, Pasti minyak kelapa murnilah yg memang mempunyai Kandungan yg lebih baik. Minyak kelapa kopra berwarna kuning kecoklatan, baunya tidak harum dan mudah sekali berbau tengik, yg menjadikan daya simpan pada minyak bertahan tak begitu lama ataupun berkisar dua bulan kurang.

Minyak kelapa murni memiliki harga jual yg tinggi jika dibandingkan dengan minyak kelapa kopra dari segi ekonominya, menjadikan studi pembuatan VCO itu perlu dikembangkan. Akibat terhidrolisisnya ikatan peptida pada krim santan menjadikan terbentuklah minyak ini. Kalau ikatan peptida ini terhidrolisis dapat menjadikan sistem emulsi jadi tak stabil, inilah yg menyebabkan minyak bisa keluar dari sistem emulsi. Karena enzim proteolitik dapat terjadi pemecahan emulsi santan. Mengkatalisis reaksi pemecahan protein dengan menghidrolisa ikatan peptidanya menjadikan senyawa-senyawanya lebih sederhana inilah fungsi dari enzim ini.

Cara membuat Virgin Coconut Oil dengan fermentasi, ini tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah dan pengolahan yang sederhana. Asam lemak jenuh rantai sedang dan pendek yang tinggi, yaitu sekitar 92% kandungan inilah yg ada dalam Virgin coconut oil.

Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan acak menggunakan faktor bahan yang ditambahkan padafaktor hasil VCO yang dihasilkan.
Bahan-bahan yang digunakan dalam antara lain…

  • 2.5 butir kelapa parut,
  • air secukupnya,
  • 10 gram ragi tape.

Metode cara untuk membuat VCO dengan fermentasi sebagai berikut…. :v

Sebelum kita membuat / punya santan yg kental dari minyak VCO kita bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mesin minyak kelapa / VCO

Cara Membuat VCO dengan Fermentasi

Pembuatan Santan

  1. Bahan baku persiapanlah , dan kemudian ditimbang sesuai dengan yg kalian butuhkan .
  2. Dengan perbandingan 1:1 tambahkan air, dan juga kelapa parut
  3. Pemerasan, kelapa yg telah diberikan air ,setelah itu diperas sampai menghasilkan santan.
  4. Pendiaman, santan yg sudah didapat, selanjutnya dapat diamkanlah pada suhu ruang, sampai dapat terjadi pemisahan antara krim santan, dan juga skim santan.
  5. krim santan diambil dan ditimbang sebanyak 500 ml yg sudah berpisah dari krim santan, kemudian, kalau anda mau yg lebih banyak boleh saja tapi perbandingan dan takaranya pun juga harus yg tepat yaa…, inilah disebut penimbangan
Cara Membuat VCO dengan Fermentasi

 Pembuatan VCO

1. Persiapan bahan baku, bahan baku disiapkan dan ditimbang sesuai kebutuhan anda.

2. krim santan yang sudah ditimbang dimasukkan kedalam fermipant ataupun juga bisa 10 gr ragi tape , dan kemudian diaduk

3. Pendiaman, krim santan yg sudah ditambahkan dengan ragi tape, selanjutnya tuangkanlah kedalam cup plastik diamkanlah suhu ruang sampai muncul endapan dibawahnya , dan juga cairan minyaknya dapat terlihat dibagian atas.

4. Pemisahan, cairan minyak yang muncul dibagian atas kemudian diambil dengan cara disedot menggunakan selang infus, sehingga diperoleh VCO (Virgin Coconut Oil)

Evaluasi VCO

VCO (Virgin Coconut Oil) yang dihasilkan dievaluasi secara fisik meliputi parameter berarti VCO yang dihasilkan, warna, rasa, dan bau.

Cara Membuat VCO dengan Fermentasi

Hasil dan Pembahasan

Membantu pada proses pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) tanpa melibatkan panas inilah hasil dari penambahan ragi tape, Bisa menjadi metode dalam pembuatan VCO secara fermentasi untuk penambahan pada bahan di atas. Hasil VCO yang diperoleh melalui penambahan bahan tersebut diamati berdasarkan parameter warna, rasa, dan bau serta berat VCO yang dihasilkan. Kualitas mutu minyak kelapa yg dihasilkan semakin tak bagus karena semakin banyak penambahan ragi tape pada pengolahan minyak kelapa murni, namun sebaliknya rendemen hasil dapat meningkat.

Parameter Bau, Rasa, dan Warna

Cara Membuat VCO dengan Fermentasi

Pada VCO yang dihasilkan, ragi tape dalam pembuatan VCO yg di tambahkan tak menyebabkan perbedaan bau, rasa, dan warna. Hal ini disebabkan bahwa reaksi hidrolisis protein tidak menghasilkan senyawa yang dapat merusak atau mempengaruhi warna VCO.Terimakasih untuk waktu anda dan sampai jumpa lagi 

Cara membuat VCO dan VCO yang dihasilkan, ragi tape dalam pembuatanya yg di tambahkan, tak menyebabkan perbedaan bau, rasa, dan warna. Hal ini disebabkan bahwa reaksi hidrolisis protein tidak menghasilkan senyawa yang dapat merusak atau mempengaruhi warna VCO.

Terimakasih untuk waktu anda dan sampai jumpa lagi 🙂