Manfaat Menggunakan Tiket Kereta Api Ke Jogja Yang Bersejarah

1 min read

tiket kereta api ke jogja

Siapa pun yang berencana mengunjungi kota gudeg membutuhkan satu tiket kereta api ke Jogja. Perjalanan yang dibutuhkan dari kota asal hingga sampai ke Jogjakarta terasa sangat mengasyikkan. Apalagi jika rencana liburan ini merupakan planning pertama setelah Anda berkutat lama dengan pekerjaan yang memusingkan.

Manfaat Menggunakan Tiket Kereta Api Ke Jogja Yang Bersejarah

  • Stasiun KA Jogja

Anda yang menetap di Surabaya, Malang atau Bandung tentu mengenal dengan baik stasiun apa yang beroperasi di sana. Sebaliknya, untuk mengetahui stasiun KA Jogja Anda harus mencari informasinya terlebih dahulu.

Jumlah stasiun di Jogja cukup banyak. Namun stasiun utama yang menyediakan akses transportasi antar kota adalah Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu. Uniknya, kedua stasiun tersebut jaraknya sangat dekat hanya terpisah 1 kilometer saja.

  • Jumlah Perjalanan

Terdapat 13 perjalanan KA jurusan Jogja dengan rute dan kelas yang berbeda-beda. Salah satu perjalanan yang paling padat adalah KA Progo yang berakhir di Jakarta (Stasiun Pasar Senen). Banyak customer situs jual tiket kereta api ke Jogja yang sengaja belanja tiket KA rute tersebut.

  • Nama Kereta

Selain KA Progo tentunya masih banyak sekali kereta api yang melayani perjalanan ke kota gudeg. Seperti KA Bogowonto, KA Taksaka, KA Lodaya dan sebagainya. Anda yang ingin menggunakan KA kelas eksekutif rute Jakarta Jogja, silahkan pilih KA Taksaka.

  • Harga Tiket

Harga tiket kereta api ke Jogja berdasarkan pada lama perjalanannya. Semakin lama Anda duduk di dalam kereta semakin mahal pula harga tiketnya. Contohnya KA Bandung Jogja yang range harganya Rp140.000-Rp280.000.

Fakta Menarik Mengenai Jogja Yang Bersejarah

  1. Mitos Beringin Kembar

Salah satu mitos paling populer yang akan Anda temui saat berlibur di Jogja adalah mitos beringin kembar. Pohon ini berada di alun-alun Kota Jogja, kawasan ramai yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Konon kabarnya, orang yang berhasil berjalan melintasi dua pohon beringin dengan mata tertutup. Keinginan mereka akan terkabulkan.

  1. Dahulu Merupakan Ibu Kota Indonesia

Sebelum berpindah ke Jakarta, ibu kota Indonesia dahulu adalah Yogyakarta. Jogja ditetapkan sebagai ibu kota pada 1946 namun sayangnya hanya mampu bertahan selama 3 tahun saja.

  1. Punya Banyak Julukan

Tahukah Anda jika Jogja memiliki banyak sekali julukan. Selain dikenal dengan nama Jogja, kota ini juga memiliki nama julukan lainnya. Seperti Djogja, Ngayogyakarta hingga kota gudeg.

Kota Jogja tidak hanya menyimpan warisan budaya dan sejarah yang kental tapi juga memiliki banyak tempat wisata populer dan modern. Sarana dan prasarana yang dimiliki Jogja juga semakin berkembang karena julukannya sebagai kota pariwisata.

Selama di Jogja jangan lupa untuk mengunjungi Candi Borobudur, Candi Prambanan dan sejumlah kawasan wisata lainnya. Sementara untuk belanja tiket kereta api ke Jogja, lakukan minimal 2 bulan sebelum berangkat melalui aplikasi dan situs Tiketkeretaapi.com.